6 Tips Ampuh Menjaga Kebersihan Toilet

Toilet sebagai tempat melakukan berbagai aktivitas untuk membersihkan diri tentunya menjadi tempat berbagai jamur, kuman, dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, manjaga kebersihan toilet meruakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh pengguna toilet tidak hanya untuk ibu rumah tangga atau petugas kebersihan. Untuk menjaga kebersihan toilet, anda perlu membersihkannya setiap hari dan melakukan perawatan secara berkala agar tetap bersih dan higienis.

Tak jarang pula banyak masyarakat yang membangun toilet mereka dengan begitu mewah agar terlihat bersih dan higienis. Namun, hal tersebut belum tentu tepat karena apabila tidak dibersihkan secara berkala, toilet tetap akan menjadi berkembang biaknya berbagai jenis kuman dan bakteri.

6 Tips Ampuh Menjaga Kebersihan Toilet

Maka dari itu, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai 6 tips ampuh menjaga kebersihan toilet berikut ini.

  • Ventilasi dan Pencahayaan yang Cukup

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kamar mandi memiliki suhu ruangan yang sangat lembab sehingga mempermudah berbagai jenis jamur, kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, diperlukan ventilasi dan pencahayaan yang cukup agar kondisi kamar mandi tidak begitu lembab dan kering setelah digunakan.

  • Saluran Sanitasi yang Baik

Apabila berbicara mengenai toilet, pasti tidak jauh-jauh dari saluran sanitasi. Selain saluran untuk pembuangan kotorang, sanitasi yang dimaksud di sini adalah saluran pembuangan air di dalam kamar mandi. Apabila tidak memiliki saluran sanitasi yang baik, kamar mandi akan selalu dalam keadaan basah dan lembab. Selain itu, memiliki saluran pembuangan yang baik juga membuat anda terhindar dari risiko WC mampet.

  • Jangan Berlebihan Menggunakan Cairan pembersih

Untuk membersihkan toilet dan kamar mandi, tak jarang ibu rumah tangga atau petugas kebersihan menggunakan cairan pembersih agar lebih higiensis. Cairan ini memang perlu digunakan karena mampu membersihkan noda membandel dan membunuh kuman, tetapi apabila berlebihan akan menimbulkan dampak yang buruk.

Selain mencemari lingkungan dan menyebabkan limbah, penggunaan cairan pembersih secara berlebihan akan membuat kuman pada saluran air dan tangki pembuangan atau septic tank akan mati sehingga proses pembusukan kotoran akan menjadi terganggu yang puncaknya akan menyebabkan saluran pembuangan menjadi tersumbat.

  • Membersihkan Kamar Mandi Secara Berkala

Untuk menjaga kondisi kamar mandi agar selalu bersih dan higienis,maka anda harus membersihkannya secara berkala. Pada umumnya rentang waktu yang dibutuhkan bagi anda untuk membersihkan kamar mandi adalah dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk menyikat bagian-bagian yang berkerak dan menggunakan cairan pembersih agar kuman dapat mati sepenuhnya.

Untuk memiliki kamar mandi yang bersih dan higienis, anda dianjurkan untuk membersihkan kamar mandi setelah menggunakannya untuk menghilangkan kotoran dan sisa sabun yang menempel pada dinding kamar mandi.

  • Gunakan Soda Api untuk WC

Selain dapat digunakan untuk mengatasi WC mampet, soda api juga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan bakteri pembusuk di dalam septic tank atau tangki pembuangan. Penggunaan soda api untuk WC satu kali seminggu akan membantu anda memiliki WC dengan saluran yang lancar.

  • Menggunakan Aromaterapi

Untuk menambah rasa nyaman, anda dapat menggunakan aroma terapi seperti kamper atau kapur barus khusus untuk kamar mandi. Selain untuk estetika, penggunaan aroma terapi ini juga dapat menghambat pertumbuhan kuman, bakteri, dan jamur. Untuk menjaga lingkungan, gunakanlah aroma terapi yang tidak mengandung bahan kimia berlebihan.

Demikian sedikit informasi mengenai 6 tips ampuh untuk menjaga kebersihan toilet. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTelp : 081-332539707