Cara Merawat Septic Tank yang Benar

perawatan septic tank

Banyak orang yang mengabaikan septic tank yang ada di dekat rumah. Padahal seharusnya septic tank itu dirawat agar selalu dalam keadaan bersih.

Pemilik rumah harus memastikan septic tank atau sepiteng selalu dalam keadaan baik dan yang paling penting isinya tidak kepenuhan apalagi sampai mampet. Sebab jika septic tank sudah kepenuhan, membuat aliran pembuangan kotoran menjadi tidak lancar.

Pada dasarnya, sepiteng berfungsi sebagai tempat pembuangan kotoran manusia lalu diurai agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Sayangnya banyak pemilik rumah yang tidak melakukan kontrol pada septic tank.

 

Cara Merawat Septic Tank dengan Benar

cara merawat sepiteng

Ada beberapa cara merawat septic tank yang baik dan benar sehingga  airnya tidak cepat penuh. Simak panduannya pada artikel berikut ini :

 

Rutin Melakukan Pembersihan

Sepiteng harus rutin dibersihkan karena di sana tempatnya kotoran menumpuk. Ibarat seperti tempat sampah, awal-awal memang bersih tapi lama kelamaan tempat sampah tersebut penuh dengan kotoran sehingga Anda harus membuangnya.

Untuk membersihkan septic tank, Anda bisa menggunakan berbagai bahan yang sejatinya sangat mudah didapatkan. Anda bisa menggunakan baking soda, cuka, soda api, atau bubuk khusus untuk mengurai bakteri penyebab septic tank menjadi kotor.

Alternatif lain, Anda bisa memanggil jasa sedot WC untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menumpuk di septic tank. Khusus bagi Anda yang berada di wilayah Lamongan dan sekitarnya, jasasedotwclamongan.com dari CV Eco Mandiri siap membantu melalui jasa sedot WC Lamongan berkualitas yang kami tawarkan.

Kami memiliki pekerja yang berpengalaman dan profesional sehingga bisa bekerja denngan sebaik mungkin membersihkan dan menyedot kotoran yang ada di septic tank rumah Anda. Selain itu, kotoran-kotoran yang sudah kami sedot akan dibuang ke tempat khusus sehingga baunya tidak mengganggu lingkungan sekitar.

 

Jangan Membuang Sampah di Kloset

Kloset atau WC bukanlah tempat pembuangan sampah, yang seharusnya masuk ke dalam sana hanyalah kotoran manusia saja. Jangan sampai ada pembalut, plastik, bungkus makanan, puntung rokok, atau sampah-sampah lain yang ke dalam kloset.

Terlalu menumpuknya sampah menyebabkan WC menjadi mampet dan dapat mengganggu sistem dari sepiteng itu sendiri.

 

Cara Menggunakan Air Secara Berlebihan

Cara merawat septic tank supaya tidak cepat penuh selanjutnya adalah tidak menggunakan air secara berlebihan. Selain pemborosan, terlalu banyak memakai air saat Buang Air Besar (BAB) di kamar mandi juga menyebabkan air yang terlalu banyak secara otomatis membuat kondisi air di dalam septic tank menjadi cepat penuh dan mengganggu kinerjanya.

Maka dari itu, Anda harus memakai air secukupnya saja. Jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu banyak.

 

Itulah dia beberapa cara merawat septic tank dengan mudah. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjaga septic tank agar selalu dalam keadaan baik.

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telp : 081-332539707
https://jasasedotwclamongan.com/