Penyebab WC mampet yang Wajib Anda Ketahui

WC mampet merupakan permasalahan yang kerap kali dialami oleh semua orang baik itu untuk saluran pembuangan rumah tangga, industri, rumah sakit, dan lain sebagainya. meskipun terkesan sepele, tetapi WC mampet mampu menghambat aktivitas di kamar mandi seperti buang air besar, buang air kecil, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan WC mampet tersebut biasanya seseorang akan mencari jasa ahli sedot WC. Namun, banyak yang tidak mencari tahu apa sebenarnya penyebab dari WC mampet tersebut, sehingga dapat mencegahnya untuk dapat terjadi. Maka dari itu, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai penyebab WC mampet yang wajib untuk anda ketahui, khususnya ibu rumah tangga.

Penyebab WC Mampet

Bayangkan saja apabila anda sedang sakit perut atau mules karena igin buang air besar, tetapi setelah ke kamar mandi, anda menyadari bahwa toilet atau WC yang digunakan mampet sehingga tidak dapat disiram, pastinya panik bukan!. Sebelum berusaha menghubungi jasa sedot WC atau memperbaikinya secara manual, akan lebih baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari WC mampet tersebut.

  • Tampungan septic tank Penuh

Tampungan septic tank yang penuh kerap kali menjadi penyebab WC penuh baik untuk saluran pembuangan rumah tangga atau industri. Pada umumnya desain tampungan pembuangan atau septic tank terdiri dari ruangan. Ruangan pertama berisikan feses atau kotoran yang kita buang yang lama-kelamaan akan mengendap menjadi lumpur tinja (sludge).

Apabila ruangan pertama dalam septic tank ini sudah penuh, akibatnya yaitu feses atau tinja tidak dapat tenggelam atau hanyut sedangkan air yang digunakan untuk menyiram akan secara perlahan-lahan surut. Apabila anda pernah mengalami hal ini, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menguras tampungan pembuangan atau septic tank dengan mnghubungi jasa sedot WC.

  • Penyumbatan Lubang Ventilasi

Selain septic tank sudah penuh, penyebab WC mampet yang kerap kali terjadi adalah penyumbatan pada lubang ventilasi. Lubang ventilasi pada septic tank memiliki fungsi untuk melepaskan tekanan udara yang terdapat di dalam tangki pembuangan. Selain itu, lubang ini juga berfungsi untuk melepaskan gas metana (CH4) yang terbentuk dari proses anaerobic

Untuk mengetahui apakah lubang ventilasi tangka pembuangan anda mengalami penyumbatan atau tidak, caranya cukup mudah. Langkah pertama yang harus anda ambil adalah meletakkan tangan di depan lubang pipa, apabila terasa hangat dan terdapat aliran udara, maka dapat dipastikan bahwa lubang ventilasi pada pipa pembuangan tidak mengalami penyumbatan.

  • Penyumbatan pada Leher atau Badan Pipa

Selain penyumbatan pada lubang ventilasi, alasan lain yang kerap kali menyebabkan WC mampet adalah terjadinya penyumbatan pada leher atau badan pipa. Pipa yang tersumbat sesuatu pastinya tidak akan menghanyutkan atau air dan kotoran yang seharusnya masuk ke dalam pipa untuk menuju tangki pembuangan.  Penyumbatan pada pipa pembuangan biasanya disebabkan oleh plastik, lumut, endapan lumpur tinja (sludge) yang mengeras, dan lain sebagainya.

Setelah mengecek apakah pipa pembuangan mengalami penyumbatan atau tidak, langkah selanjutnya yang harus anda ambil adalah menghubungi jasa sedot WC professional di sekitar wilayah anda atau memperbaikinya secara manual.

Salah satu tips bagi anda yang tidak ingin saluran pembuangannya tersumbat adalah tidak membuang benda-benda asing yang tidak diperuntukkan untuk berada di dalam pipa pembuangan seperti pembalut, kain, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit informasi mengenai penyebab WC mampet yang wajib anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonTelp : 081-332539707